phishing

Sahabat sekalian, pada kesempatan yang sangat penting ini. Saya selaku admin akan memberi sebuah informasi yang sangat penting bagi pengguna atau penikmat dunia maya (netter). 

Yap, disini saya akan paparkan secara mendetail tentang tindakan kejahatan di dunia maya (cyber crime) salah satu tindakan kejahatan yang akan saya bahas adalah Phishing , buat yang sudah lama di dunia maya pasti didak asing dengan tindakan kejahatan satu ini. 

Tapi, buat kamu yang masih pemula (baru bergabung) dalam dunia penuh rasa ini mungkin belum tahu. Nah, saya akan paparkan sedikit tentang Phishing biar kita bisa berhati - hati dalam bertindak. Yok disimak dibawah ini.

Apa itu Phishing ?

Kamu pasti bertanya apa sih phishing itu ? , Phishing adalah sebuah strategi atau taktik para hacker dengan cara mengcloning (menjiplak) sebuah web atau situs dengan cara membuat sebuah halaman Fake Login (halaman login palsu) dengan tujuan meretas atau mengambil alih akun pengunjung yang sedang mengunjungi web atau situs tersebut dan pada akhirnya akan disalah gunakan dalam tujuan tertentu oleh pelaku peretas.

Phishing mungkin hampir mirib dengan kata Fhishing (memancing). Memang Phishis hampir sama dengan Phishing yakni memancing korban (pengunjung) Untuk memasukkan informasi sensitif seperti Username,ID Pengguna,No Rekening,Password (kata kunci),E-mail,Pin dan sebagainya kedalam halaman yang telah dirancang menyerupai halaman situs asli (Spoofed Web Page) ke dalam halaman login palsu.

Sedikit info dari saya, Phishing Merupakan singkatan dari Password Hasverthing yakni sebuah usaha para hacker atau peretas untuk mengumpulkan data sensitif terutama password korban untuk dibobol atau di retas dan pada akhirnya digunakan untuk hal - hal tidak baik seperti SPAM,Penipuan dan sebagainya.

Cara agar terhindar dari phishing.

Sebelum terjun keinti pasti kamu bertanya dimana saja sih phishing bisa ditemukan ? , sebenarnya web phishing bisa kamu temukan di situs yang memerlukan identitas masuk (login). Seperti facebook,twitter,gmail,yahoo,bing,paypal, COC, COR,Payza,Adloft,Lazada,Toko Pedia,E-Banking,dan akun yang memerlukan data sensitif untuk masuk ke akun yang kamu miliki.

Setelah kamu tahu tentang Phishing itu apa, dan sekarang lanjut ke pembahasan tentang cara menenali dan terhindar dari phishing mau kena phishing? Tidak bukan, maka dari itu simak baik - baik uraian dibawah ini.

1. Cara yang pertama harus kamu lakukan untuk mengetahui bahwa web atau situs tersebut adalah phishing adalah jangan percaya dengan kata - kata yang terlalu menggebu - gebu (bermuluk - muluk atau terlalu berlebihan) yang biasanya ditulis lewat media sosial dan dibagikan ke gurup,blog maupun status peretas agar sikorban mudah percaya.

Seperti dengan memberikan iming - iming gems, elexis,gold yang melimpah bahkan berkali lipat tanpa sebuah usaha (khusus COC dan COR). Auto like dengan memasukkan token (khusus facebook) dan Iming - iming pulsa atau dollar gratis tanpa usaha. Jadi, saran saya jangan mudah percaya dengan hal yang seperti itu.

2. Untuk memastikan bahwa situs phishing fake web yakni dengan melihat URL diaddress bar browser yang kamu pakai. Bila menggunakan link yang tidak dikenal (alamat url tidak resmi) bila kamu melihat hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa itu phishing. Jadi disini kamu harus berhati - hati sebelum memasukkan data sensitif akun agar tidak terkena phishing.

Jadi intinya cek dulu URL di address bar browser kamu sebelum memasukkan Username dan password yang kamu miliki.

3. Jangan pernah mendownload file atau berkas seperti GAME,APLIKASI,MUSIK,VIDEO,dan lain - lain dari penyedia yang tidak di percaya. Ini bertujuan agar kamu tidak terkena phishing dengan prantara VIRUS TORAJAN yang menyamar dan mencuri data yang kamu miliki.

Nah itulah tadi cara ampuh mengetahui dan terhindar dari phishing yang bisa saya paparkan. Kalau ada pertanyaan silakan jangan malu - malu berkomentar dikolom komentar yang sudah saya sediakan.