buku-digital-epub

Buku digital epub ~ Setelah kemarin sempat membahas tentang apa itu ebook, maka pada postingan kali ini dedwija akan membagikan tentang salah satu format ebook yaitu epub. Apa itu epub?

Pengertian E-pub

E-pub adalah jenis buku dengan format file standar untuk buku digital. Format epub sendiri pertama kali dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF).

Epub termasuk salah satu format buku elektronik yang dapat dibuka pada perangkat elektronik, seperti Komputer, Tablet, Smartphone dan bahkan ponsel hp sekalipun. Pembuatan buku digital format Epub (*.epub) menggunakan bahasa HTML dan xHTML yang bersifat terbuka dan bisa digunakan di perangkat apapun.

Sebenarnya buku digital format epub hampir sama dengan pdf, sama - sama sebagai format buku elektronik yang ringan dan suport video maupun audio.

Namun format epub dengan pdf memiliki perbedaan disisi tampilan jika dibuka melalui perangkat yang berbeda.

Kalau format pdf dibuka melalui perangkat yang berbeda maka tampilannyapun tetap sama sesuai ukuran lebar dan panjang awal pembuatannya (fix). Jika buku elektronik pdf yang berukuran kertas A4 dibuka melalui perangkat smartphone android yang memiliki ukuran kertas remi maka untuk membacanya harus memperbesarnya terlebih dahulu. Tentu hal ini sangat mengganggu proses saat membaca.

Sedangkat epub sendiri memiliki krakteristik yang lebih dinamis, ukuran huruf dan pengaturan paragraf menyesuaikan ukuran perangkat yang digunakan untuk membaca.

Namun, epub sendiri hanya dikhususkan untuk dibaca saja melalui perangkat elektronik. Tidak dapat dicetak langsung seperti halnya format pdf.

Kembali ke tujuan anda membuat dan menggunakan buku elektronik. Jika anda menggunakan ebook hanya sebagai saranan membaca sebagai alternatif versi buku cetak, saran saya gunakan dan pilih ebook format epub.

Jika tujuan anda membuat dan menggunakan ebook untuk dicetak maka pdf adalah format ebook yang tepat untuk anda gunakan.

Fitur - fitur dalam epub

Antara format ebook yang bertebaran diinternet, jika anda gunakan ebook sebagai media untuk membaca, maka epub adalah format yang tepat dan cocok untuk anda pilih. Karena epub memiliki banyak keistimewaan atau fitur - fitur yang berbeda dengan format buku elektronik lainnya. Diantaranya:

Format yang terbuka dan dapat anda dapatkan secara gratis.

Bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat apapun menggunakan aplikasi bantu untuk membuka epub.

Mendukung video dan audio didalamnya untuk memahami isi didalam buku elektronik epub.

Ada fitur untuk mengatur ukuran teks sesuai selera anda.

  1. Mendukung untuk DRM.
  2. Styling css.
  3. Tampilan yang lebih dinamis, menyesuaikan ukuran tampilan sesuai ukuran perangkat yang digunakan.
  4. Dan masih banyak lagi kelebihan dan banyak keistimewaan epub yang dapat anda nikmati.

Fungsi e-pub

Fungsi epub mengkhusus ke media baca melalui perangkat elektronik, sebagai pilihan alternatif buku kotak yang sangat tebal dan berat.

Selain itu, epub sendiri bisa digunakan sebagai media informasi yang lengkap dan sebagai buku pembelajaran melalui perangkat elektronik yang mudah untuk dimengerti, karena epub juga mendukung file video dan audio di dalamnya.

Oh ya, untuk membuat dan membuka buku elektronik dengan format .epub sangat mudah dan praktis. Sebelum itu silakan anda download dan instal terlebih dahulu aplikasi sigil. Karena aplikasi ini adalah aplikasi khusus untuk merancang, membuat dan membuka buku elektronik format .epub. Untuk lebih lengkapnya tentang cara membuat dan membukanya bisa tanya sama om gugel.