peran-serta-masyarakat

Peran serta kita sebagai masyarakat dalam dalam mengatasi ancaman di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan negara sangat penting untuk mengintergrasi kehidupan bangsa atau bingkai bhineka tunggal ika. Berikut adalah peran kita dalam mengatasi ancaman di berbagai bidang yang ada beserta indikator keberhasilannya.

Peran Masyarakat Dalam Mengatasi Ancaman

Peran serta masyarakat untuk mengatasi ancaman di bidang ideologi

Ideologi yang dianut oleh bangsa indonesia adalah ideologi Pancasila. Dan bangsa indonesia menolak paham atau ideologi Komunis dan Zionis karena tidak sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia.

Kita sebagai masyarakat wajib ikut serta di dalamnya untuk mengatasi ancaman terhadap ideologi bangsa kita, diantaranya:

  1. Tidak membeda-bedakan keberagaman misalnya pada suku, budaya daerah dan sebagainya untuk menjadi seseorang yang mampu memahami keberagaman bangsa indonesia, maka akan tercipta lingkungan yang aman dan damai.
  2. Mempertahankan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Agar terciptanya keamanan di wilayah indonesia yang relatif terkendali, dikarenakan adanya kerjasama yang erat antara TNI/Polri dan rakyat.
  3. Mengamalkan nilai ketuhanan yang maha esa. Untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, sehingga kita senantiasa terhindar dari paham tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Peran serta masyarakat untuk mengatasi ancaman di bidang politik

Ancaman di bidang politik dapat disebabkan oleh pihak yang berada diluar indonesia maupun pihak yang berada didalam wilayah indonesia. Diluar indonesia ancaman politik yang perlu kita hindara antara lain intimidasi, provokasi dan blokade politik yang digunakan oleh pihak - pihak lain untuk menekan negara indonesia.

Sedangkan didalam negeri ancaman non-militer dibidang politik adalah ancaman suparatisme atau suatu paham yang mengambil keuntungan dalam pemecah belahan suatu golongan atau bangsa.

Untuk menghindari hal tersebut, tentu kita juga harus ikut serta dalam mengatasi salah satu ancaman tersebut, diantaranya:

  1. Menegakkan supremasi hukum di indonesia untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan hukum.
  2. Mengembangkan demokrasi dalam dunia politik supaya memberikan hak dan kebebasan untuk memilih pemimpin yang tepat, kebebasan beragama, kebebasan berbicara dan sebagainya kepada rakyat.
  3. Menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa untuk memperkuat kepercayaan rakyat terhadap sistem pemerintahan yang ada.
  4. Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik agar terbentuk suatu negara yang memberikan keadilan dan kesejahteraan rakyatnya.
  5. Mengadakan reformasi lembaga - lembaga politik agar menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

Peran serta masyarakat untuk mengatasi ancaman di bidang ekonomi

Semakin hari kehidupan ekonomi bangsa kita semakin merosot dan jatuh kebawah, karena banyak terdapat orang yang tidak memiliki pekerjaan alias nganggur serta banyak sekali warga dan masyarakatnya yang tidak memiliki kecukupan ekonomi, tidak punya lahan rumah yang tergolong masyarakat miskin.

Kita cegah sejak dini untuk mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah Indonesia dan meningkatkan tingkat kesejahteraan dengan cara:

  1. Memberikan lowongan dan lapangan pekerjaan ke warga dan masyarakat yang masih nganggur. Tujuannya untuk mencapai indikator keberhasilan berupa memberikan pekerjaan kepada mereka yang membutuhkan. Serta mengurangi tingkat kemiskinan karena tidak memiliki pekerjaan.
  2. Membuat produk sendiri yang lebih berkualitas dan lebih baik daripada produk asik. Supaya nanti produk buatan indonesia mampu bersaing dengan produk asing.
  3. Memberikan pendidikan yang layak untuk generasi penerus bangsa, serta menumbuhkan kesadaran akan pendidikan dan ajaran positif di sekolah agar mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.
  4. Membayar pajak tepat waktu, untuk mengurangi ketimpangan ekonomi suatu negara.

Peran serta masyarakat untuk mengatasi ancaman di bidang sosial dan budaya

Semakin menipisnya kehidupan sosial dan kesadaran akan melestarikan budaya sendiri yang positif itu disebabkan karena pengaruh globalisasi yang memoderenisasikan pola pikir seorang dalam bermasyarakat.

Jika terus dibiarkan hingga berdampak buruk bagi kehidupan sosial dan budaya seseorang. Dan bahkan mengancam kebhinekaan negara ini. Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut?

  1. Melakukan gotong royong bersama sebagai warga negara yang baik untuk membersihkan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesadaran kehidupan sosial atau bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta mencegah terjadinya individualisme yang anti sosial.
  2. Melestarikan budaya yang ada dengan cara mengadakan lomba tentang kebudayaan dan mengajarkan kebudayaan kepada generasi muda. Tujuannya untuk meningkatkan komunikasi yang baik antara masyarakat serta melestarikan budaya agar tidak diakui oleh orang asing dan mencegah punahnya kebudayaan dari nenek moyang kita.
  3. Memakai hp atau smartphone saat dibutuhkan dan menaruhnya saat tidak tidak dibuhkan dan saat ada seseorang berbicara dengan kita. Tujuannya untuk meningkatkan kehidupan sosial yang aktif, serta memupuk kesadaran akan norma kesopananan untuk memerhatikan seseorang saat bebicara.
  4. Menerapkan budaya positif dari luar dan membuang budaya negatif yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia. Agar nantinya kita menjadi masyarakat yang selektif akan pengaruh budaya luar yang masuk kedalam wilayah indonesia.

Peran serta masyarakat untuk mengatasi ancaman di bidang pertahanan dan keamanan

Kita perlu dalam meningkatkan pertahanan dengan cara menjalin hubungan yang baik terhadap masyarakat

yang lain, serta meningkatkan keamanan dengan cara menumbuhkan rasa nasionalisme dan semangat juang yang tinggi untuk mempertahankan dari ancaman yang menyerang pertahanan dan keamanan NKRI.

Bagai manana caras kita sebagai masyarakat untuk tetap menjaga pertahanan dan keamanan wilayah NKRI?

  1. Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa indonesia dengan cara menghormati perbedaan yang ada dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat lainnya. Untuk mencegah terjadinya perpecahan bangsa yang dapat berpengaruh bagi kekokohan suatu negara.
  2. Bersedia untuk menjaga keutuhan negara NKRI.Dengan begitu wilayah indonesia memiliki sistem pertahanan yang kuat dan stabil dan tidak dapat dirobohkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab
  3. Bersikap sopan dan ramah serta menjalin hubungan baik terhadap sesama warga negara indonesia.maupun dengan orang asing.Agar kedepannya tidak terjadi peperangan yang dapat mengancam keamanan negara.

Itulah beberapa hal yang wajib kita lakukan untuk mengatasi ancaman dari berbagai bidang untuk menegakkan dan meningkatkan kebhinekaan kita dan intergrasi nasional kita. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. Sekian dan terimakasi.