jenis-jenis-pelanggan

Secara umum jenis - jenis pelanggan dapat kita kelompokkan menjadi 3 yaitu

  1. Pelanggan intetnal
  2. Pelanggan ekaternal
  3. Dan pelanggan perantara.
Ketiga jenis pelanggan tersebut mimiliki keterkaitan satu sama lain.

Nah, pada postingan ini saya akan jelaskan tentang pengertian pelanggan internal, pengertian pelanggan eksternal, dan pengertian pelanggan perantara beserta contohnya.

Pengertian Pelanggan Internal (Internal Customer)


Pelanggan internal adalah orang yang ada di dalam perusahaan dan memberikan pengaruh terhadap  kinerja perusahaan. Mereka membeli bahan dari kita tidak untuk di gunakan maupun di konsumsi, melainkan di olah lagi menjadi barang yang memiliki fungsi baru baru kemudian di jual ke pelanggan nyata maupun di distribusikan lagi ke toko yang memiliki link terhadapnya.

Biasanya pelanggan internal bersifat setia.

Contoh pelanggan internal

Kita ambil contoh sederhana dari pelanggan internal yaitu proses pembuatan pakaian hingga bisa sampai ke kita yang merupakan pelanggan akhir atau pelnggan nyata.

Sebelum menjadi baju yang seperti kita pakai sekarang, sebelumnya baju hanya lembaran kain yang kemudian di jahit menjadi sebuah baju.

Sebelum bisa dijahit, kain tersebut juga melalui peroses penyatuan benang dijadikan sebuah kain, umumnya kita sebut menenun.

Nah ini tukang tenun jalau tidak bekerja sendirian pasti memiliki seorang bos, nah seorang bos ini akan memesan benang dari perusahaan benang langganannya.

Proses sederhananya seperti ini

Perusahaan benang > Perusahaan Kain > Tukang jahit > Konsumen nyata

Disini pelanggan internal dari perusahaan benang adalah perusahaan kain, kemudian perusahaan kain juga memiliki pelanggan internal yaitu tukang jahit.

Kadang tukang jahit punya pelanggan internal yaitu toko baju, dan toko baju baru kemudoan sampai ke pelanggan nyata yaitu kita sendiri.

Begitulah ceritanya.

Pengertian pelanggan Eksternal (External Customer)

Pelanggan eksternal adalah seorang yang berada diluar perusahaan yang statusnya sebagai pembeli atau konsumen akhir. Mereka tidak menjual barang yang sudah mereka beli, melainkan dipakai langsung atau di olah menjadi makanan lalu kemudian disajikan untuk dimakan.

Mereka yang merupakan pelanggan eksternal adalah pelanggan nyata, atau konsumen nyata yang merupakan tujuan akhir dari produk itu sendiri.

Contoh pelanggan eksternal

Contoh pelanggan eksternal adalah kita sendiri, ibu kalian bapak kalian dan semua orang yang membeli barang yang tujuannya untuk di gunakan dan dikonsumsi langsung.

Seperti ibu kamu yang setiap hari berbelanja ke pasar membeli bahan makanan. Jika ibu kamu tidak menjualnya lagi berarti ibu kamu adalah pelanggan eksternal.

Pelanggan perantara (Intermediate Customer)

Pelanggan perantara adalah orang yang bertindak sebagai perantara dan bukan merupakan sebagai pemakai akhir.

Hampir mirib dengan pelanggan eksternal, tapi bedanya mereka pelanggan perantara adalah seorang yang bertindak sebagai distributor bukan pengolah.

Tugasny cuma menjual dan memasarkan sebuah produk, bukan di modif lagi ataupun diolah lagi menjadi produk yang memiliki fungsi baru.

Contoh pelanggan perantara

Contoh pelanggan perantara adalah pedagang sembako yang ada di sekitar daerah kalian, mereka hanya membeli beras dari pengelolah beras entah itu dari perusahaan cap mamah dan lain lain

Intinya mereka membeli hanya untuk dijual.

Untuk lebih detailnya mengenai pelanggan silakan baca artikel saya yang berjudul Pengertian Pelanggan, Jenis - jenis, Karakteristik dan Tipenya

Pada artikel tersebut saya telah membahas mengenai pelanggan secara lengkap.

Buat anda yang tertarik membacanya atau lagi nyari bahan makalah atau tugas bisa pakai itu sebagai referensi kalian.