Berbicara secara virtual atau chatting sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian orang, namun selain WhatsApp ada beberapa aplikasi chat lain yang penggunaannya mudah dan juga praktis.

Walaupun aplikasi chatting yang paling banyak digunakan saat ini adalah WhatsApp akan tetapi kejadian WhatsApp down dan sulit untuk diakses seperti yang pernah terjadi membuat sebagian orang bingung sehingga terpaksa mencari alternative aplikasi chat yang lain.

Namun, karena banyaknya aplikasi chat yang tersedia di Google Play Store menjadikan kita sulit dan bingung untuk memilih aplikasi chat yang memiliki kualitas dan fitur-fitur yang bagus.

Maka dari itu untuk artikel kali ini, kami akan sedikit memberikan pilihan aplikasi chatting yang memiliki fitur terbaik dan paling banyak digunakan.

1. Signal

Aplikasi Signal dibuat pada tahun 2014 dan menjadi pilihan untuk aplikasi chatting. Layanan end-to-end yang diberikan Signal membuatnya hampir mirip dengan WhatsApp. Namun, aplikasi ini tidak terhubung dengan Instagram ataupun Facebook.

Fitur tama yang diberikan oleh Signal adalah privasinya, sehingga aplikasi ini tidak akan meminta data pribadi dari penggunanya. Bahkan menurut salah satu tokoh terkenal Elon Musk membaritahukan bahwa Signal adalah aplikasi paling aman di dunia.

2. Telegram

Saat aplikasi WhatsApp meng update pembaruan kebijakan privasi, banyak orang yang salah paham dan berpendapat bahwa semua pesannya akan dibaca oleh pihak WhatsApp. Sehingga pada akhirnya banyak orang yang berpindah dari aplikasi WhatsApp ke Telegram.

Aplikasi yang Telegram yang sama menggunakan enkripsi end-to-end ini juga tersedia gratis untuk digunakan, orang-orang juga berpendapat bahma mereka lebih merasa aman menggunakan Telegram dibandingkan dengan WhatsApp karena adanya protokol MTProto yang diterapkan oleh Telegram.

Bahkan dibeberapa negara, pemerintah tidak menyarankan kepada warganya untuk menggunakan layanan chatting ini dikarenakan oleh keamanannya yang sangat baik. Diantara beberapa negara yang melarang penggunaan Telegram adalah Rusia yang sudah memblokir semua akses Telegram dari negaranya.

3. Viber

Aplikasi Viber sama halnya dengan aplikasi sebelumnya yang menggunakan enskripsi end-to-end.

Viber sendiri memastikan para penggunanya memiliki kriptografi indifidu yang tersambung dengan perangkat yang digunakannya, atau lebih sederhananya kamu akan mendapatkan lapisan keamanan tambahan dari viber.

Salah satu fitur yang menarik dari Viber adalah obrolan tersembunyi, dimana para penggunanya bisa menyembunyikan obrolan tertentu yang mereka rahasiakan dari layar utama.

4. Line

Untuk generasi Z pasti senang sekali bertukar pesan menggunakan aplikasi Line, bukan karena adanya stiker yang menarik melainkan karena keberagaman fiturnya yang tidak kalah seru. Aplikasi ini sepintar terlihat seperti gabungan antara media sosial Facebook dan WhatsApp.

Kamu bisa saling bertukar pesan, melihat berita yang tersedia, sampai melihat status teman yang ada dan kemudian mengomentarinya hanya dengan satu aplikasi saja. Ditambah lagi karena adanya layanan video call yang bisa kamu gunakan secara gratis.

5. Threema

Terakhir ada Threema yang dinilai sangat aman jika dibandingkan dengan WhatsApp, aplikasi chatting ini meng enskripsikan semua data, termasuk pesan, pembaruan status, bahkan file bersama.

Threema sendiri tidak mengumpulkan metadata pengguna dan menawarkan opsi cadangan terenskripsi.

Namun dibalik semua kelebihannya itu ada stu kekurangan dari aplikasi Threema ini, dimana aplikasi ini tidak memiliki fitur panggilan suara atau video, dan untuk bisa menggunakannya kamu harus bersedia membayar.

Itulah beberapa aplikasi chatting yang bisa kamu instal dan gunakan selain aplikasi WhatsApp, sehingga jika terjadi error pada WhatsApp kamu bisa menggunakan aplikasi chatting yang lainnya.