Bahasa komputer atau bahasa pemrograman adalah sintaks kode yang digunakan oleh pemrogram komputer untuk berkomunikasi dengan komputer. Ini adalah satu-satunya bahasa yang dapat dipahami oleh komputer, program perangkat lunak, dan perangkat keras komputer. Bahasa komputer membentuk aliran komunikasi antara program perangkat lunak. Bahasa memungkinkan pengguna komputer untuk mendikte perintah apa yang harus dilakukan komputer untuk memproses data. Bahasa komputer datang dalam berbagai jenis yang menggunakan set sintaks yang berbeda.

Jenis Bahasa Komputer

  • Bahasa mesin

Bahasa mesin atau kode mesin adalah bahasa asli yang langsung dipahami oleh unit pemrosesan pusat komputer atau CPU. Jenis bahasa komputer ini tidak mudah dipahami, karena hanya menggunakan sistem biner, elemen notasi yang hanya berisi rangkaian angka yang terdiri dari satu dan nol, untuk menghasilkan perintah. Prosesor komputer perlu mengubah bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa ini sebelum dapat menjalankan program atau melakukan perintah yang ditentukan pengguna. Untuk mengubah bahasa tertentu menjadi kode mesin, prosesor komputer membutuhkan compiler, program yang mengubah kode sumber yang ditulis dalam satu bahasa menjadi sintaks bahasa yang berbeda. Kompiler menghasilkan file biner, atau file yang dapat dieksekusi, yang akan dieksekusi oleh CPU. Setiap prosesor komputer memiliki set kode mesinnya sendiri.

  • Bahasa Tingkat Perakitan

Sebuah studi di awal 1950-an telah mengarah pada pengembangan bahasa tingkat rendah atau Bahasa Tingkat Perakitan. Juga dianggap sebagai bahasa generasi kedua, Assembly Level Language adalah sekumpulan kode yang dapat dijalankan langsung pada prosesor komputer. Jenis bahasa ini paling tepat dalam menulis sistem operasi dan memelihara aplikasi desktop. Hal ini memungkinkan programmer untuk melakukan beberapa tugas seperti akses registri, manajemen memori dan korespondensi siklus jam. Dengan bahasa tingkat perakitan, lebih mudah bagi seorang programmer untuk mendefinisikan perintah karena ia memiliki hak prerogatif dalam hal penamaan variabel. Namun, bahasa ini tidak fleksibel karena pengguna tidak dapat menggunakan kembali kumpulan kode yang ditulis menggunakan bahasa ini. Hal ini tidak jelas dibandingkan dengan rekan-rekan lainnya.

  • Bahasa Tingkat Tinggi

Perkembangan bahasa tingkat tinggi terjadi ketika para programmer komputer mulai mengalami masalah mengenai kurangnya portabilitas komputer yang semakin meningkat. Bahasa tingkat tinggi mengabaikan detail tidak penting yang ditemukan dalam bahasa tingkat rendah. Banyak programmer menganggap bahasa tingkat tinggi sebagai solusi penting untuk kerepotan yang dibawa oleh bahasa komputer karena kemudahan penggunaan dan kecenderungan rendah untuk menghasilkan bug. Pemrogram sering menyebut bahasa tingkat tinggi sebagai bahasa tingkat menengah yang hanya menggunakan konsep abstraksi dan konstruksi secara ekstrem.